Visi, Misi dan Strategi

Cetak
Kategori: Profil
Dibuat pada Sabtu, 06 Oktober 2012 Dimutakhirkan terakhir pada Senin, 29 Desember 2014 Tanggal Penerbitan Ditulis oleh Administrator

A.      Visi Sekolah

Unggul dan Berwawasan Lingkungan

B.      Misi Sekolah

  1. Menumbuhkembangkan peserta didik yang kuat aqidah, taat ibadah dan mulia akhlaknya.
  2. Meningkatkan prestasi akademis dan non akademis peserta didik
  3. Mengembangkan budaya dan lingkungan sekolah  yang sehat, bersih, nyaman dan cinta tanah air.

C.      Tujuan Sekolah

  1. Mempersiapkan peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang sains, olah raga, dan seni
  2. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
  4. Menanamkan kepada peserta didik sikap hidup sehat, bersih, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sikap jujur dan sportif.

D.      Azas Penyelenggaraan

  1. Hadist Nabi : hari ini lebih baik dari kemarin, esok hari lebih baik dari hari ini.
  2. Tujuh Prinsip Jihad : (a) Ikhlas ; semata-mata karena Allah SWT, (b) Yakin ; percaya dengan janji dan ancaman Allah, (c) Amanah ; jujur dan dapat dipercaya, (d) Istiqomah ; konsisten, konsekuen dan kontinyu, (e) Syukur ; menyadari nikmat itu berasal dari Allah dan mendayagunakan sesuai dengan maksud Allah; (6) Sabar ; mampu menahan diri dari hal yang merugikan, dan (g) Itsar ; mengutamakan kepentingan yang dipimpin.
  3. Filosofi Ki Hajar Dewantoro, Ing ngarso sung tulodo, ing madya mbangun karsa tutwuri handayani.

E.       Strategi

Strategi yang dikembangkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah adalah :

  1. Kerja Cerdas
    Setiap program dirancang dan disusun secara obyektif dan akurat mengacu ke sasaran yang ingin dicapai.
  2. Kerja Keras
    Program dilaksanakan secara tepat dan  pengawasan yang ketat, dan penegakkan disiplin. Disiplin dalam mentaati peraturan,  dan kebijakan yang telah ditetapkan. Disiplin dalam  memanfaatkan waktu, penggunaan sarana prasarana, dll.
    Hambatan, rintangan dan berbagai masalah yang muncul, menjadi   tantangan yang harus dihadapi dan dipecahkan, dengan mengembangkan sikap mandiri, kreatif, dan inovatif.
  3. Kerja Ikhlas
    Setiap program yang disusun dilaksanakan dengan baik, benar dan ikhlas, semata-mata karena Allah SWT.