Sejarah Singkat

Cetak

Pada tahun 2000-2001, Yayasan Al Ma’shum Mardiyah mendirikan SMP Terpadu Al Ma’shum Mardiyah, dengan siswa diasramakan dan sebagian siswa yang berasal dari masyarakat desa Galudra dan sekitarnya pergi pulang.

Dalam perjalanan sekolah, memasuki usia yang ke sebelas, semakin banyak orang tua siswa yang mengeluh, anaknya tidak bisa membantu orang tua sesudah pulang sekolah, sementara kalau anaknya ikut  mukim tidak mampu membiayainya.

Menanggapi keluhan orang tua siswa, didorong oleh niat dan semangat untuk untuk memberikan layanan pendidikan yang lebih baik terhadap masyarakat sekitar, pada tahun pelajaran 2011/2012 Yayasan Al Ma’shum Mardiyah mendirikan SMP Al Ma’shum Mardiyah yang siswanya bisa pergi pulang.

SMP Al Ma’shum Mardiyah berdiri pada tahun 2011, memperoleh NPSN: 20270657, dan NSS : 204020710086. Pada tahun 2013-2014, SMP Al Ma’shum Mardiyah diakreditasii oleh Badan Akreditasi Provinsi Jawa Barat,   dengan hasil Amat Baik (A), sehingga dapat melaksanakan UN-S mandiri, dengan prestasi  100 % LULUS.  

Lokasi

Kampus SMP-SMK Al Ma’shum Mardiyah terletak di kaki Gunung Gede, dengan ketinggian kurang lebih 1.200 m di atas permukaan laut, seratus kilometer dari Jakarta, tepatnya, di Jalan Simpang Galudra No. 76-77 Desa Galudra Kecamatan Cugenang Cianjur Jawa Barat 43252.

Kondisi lingkungan sekolah, desa Galudra khususnya,  merupakan daerah tertinggal. Jauh dari perkotaan, 11 km dari Cipanas. Jalan menuju ke sekolah melalui desa Cibereum dan Nyalindung, terjangkau dengan kendaraan bermotor dan mobil.  Udaranya sejuk, jauh dari pencemaran, nyaman, dan aman  sehingga sangat kondusif untuk proses pembelajaran.

Fasilitas Sekolah

Luas tanah kompleks SMP-SMK Al Ma’shum Mardiyah seluruhnya  17.362 m2, berupa tanah wakaf.  Untuk bangunan SMP : 5.350 m2, SMK : 3.500 m2 dan kebun : 8.512 m2. Pembangunannya dilakukan dengan mempertimbangkan pembangunan berwawasan lingkungan, sehingga suasana sekolah menjadi bersih, nyaman, dan aman bagi proses pembelajaran.  Struktur dan tekstur tanah baik, tidak mudah longsor, bangunanya kokoh dan jauh dari pencemaran. 

Fasilitas sekolah dibangun sesuai dengan standar sarana dan prasarana. Mulai dari ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang BK,  sarana ibadah, perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, ruang keterampilan. Ruang OSIS, kantin, UKS, lapangan olah raga, jaringan telepon, internet, komputer, perumahan guru,  karyawan, dan lain sebagainya.